IKKS, IKATAN KELUARGA KAMUMUAN SARUMPUN, Pengukuhkan Kepengurusan Wilayah Jabodetabek dan Pulau Jawa

Pengukuhan Pengurus Baru IKKS

Penulis : Nurhaven ⁄ Editor : Naufal Julians

Kota Tangerang Selatan, NYCNews.id – Ikatan Keluarga Kamumuan Sarumpun ( IKKS ), mengadakan acara pengukuhan kepengurusan Wilayah Jabodetabek dan Pulau Jawa periode  2020 – 2025. Pada hari Rabu 16 Februari, 2022 di gedung IKRARS,Jl. Nuri No.16 Cipadu Jaya Larangan Kota Tangerang.

Acara tersebut dibuka oleh MC Ade Zahra  sekitar pukul 13.00 WIB , dan dimulai dengan lantunan Pembacaan Ayat Suci Al-quran yang dibacakan oleh Ust.Topan Syuhada dan Saritilawah Bundo Eka Putri Asnita, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan ” Indonesia Raya” dan juga lagu daerah  ” Minang Kabau “, yang dipandu oleh Dirigen Ida Widayah.

Bacaan Lainnya

Bapak. H. Azwardi selaku ketua panitia pelaksanaan pengukuhan kepengurusan IKKS periode 2020 – 2025 mengucapkan rasa syukur dan terima kasih yang sedalam-dalam nya kepada dunsanak Ikatan Keluarga ( IKA ) di sekitar Sungai Limau yang hadir dan mendukung acara tersebut.

 

Ketua pengurus IKKS terpilih periode 2020 – 2025 Bapak Marwian dilantik oleh Bapak H. Hendri Bakri selaku Ketua IKRARS . Dalam kata sambutan dari ketua IKKS terpilih, beliau menyampaikan akan mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya dan juga menyampaikan bahwasanya IKKS ( Ikatan Keluarga Kamumuan Sarumpun ), Terbuka dan akan bekerja sama dengan IKA-IKA yang ada di seputaran Sungai Limau dalam rangka untuk memajukan kampung halaman dalam segi Ekonomi maupun Sosial dunsanak baik nan di Rantau maupun nan di Ranah.

 

Hal senada juga disampaikan oleh Bapak H. Nasrul Tanjung selaku ketua Dewan Pembina IKKS. Beliau menyampaikan ” awak nan di rantau ko harus mamparhatikan dunsanak kito nan di kampuang, untuak maningkatkan kualitas ekonomi , Ratusan hektar lahan dikampuang tu bisa diberdayakan oleh anak kamanakan kito, asalkan dunsanak yang memiliki lahan dapek mempermudah perizinan lahannyo untuak di garap, kini ko ado usaho usaho yang manuruik ambo bisa kito kelola basamo yaitu ladang jaguang jo buah pinang , sabab bantuak buah pinang tu bisa kito ekspor ka India, alun di bidang Pariwisata lai, banyak nampak dek ambo tampek-tampek makan yang ambo cubo yang masakannyo tu rato sadonyo lamak lamak tapi tampek ko kurang menarik kalau dicaliak untuak itu mari dunsanak nan di rantau ko samo samo kito bangun Nagari awak nan di Ranah  dan iko ciek lai, sapanjang ambo baralek di kampuang taibo hati mancaliak alek anak kamanakan kito lokasi nyo kurang memadai, untuak itu ambo himbau mari kito buek kan gedung pertemuan untuak acara – acara resmi ko, saumpamo biaya pembangunan gedung tu Rp.500 juta Insya Allah satangah nyo ambo yang tangguang”.

Kata sambutan berikutnya di sampaikan oleh Bapak Muhakam M. SH selaku ketua OKK DPP PKDP beliau menyampaikan , PKDP siap menjadi rekanan bagi IKKS dan IKA-IKA lainnya dalam bidang ekonomi di antaranya di bidang Suplier Ikan, beliau mengatakan ” Kami siap mambantu dunsanak dalam pengadaan Ikan, sagalo jenis ikan dan kami dapek mambantu saumpamo ado dunsanak yang indak punyo modal untuak mambuka usaho jual bali ikan, freezer kapasitas 1 Ton bisa kami pinjamkan.

Dalam acara tersebut turut hadir sebagai undangan Ketua Umum DPP FKMB ( Forum Komunikasi Minangkabau Bersatu ), Bapak Indra Jaya, ST., SH. Rajo Dirajo beserta jajaran , dalam kesempatan ini beliau menyampaikan selamat kepada penggurus IKKS terpilih dan mengucapkan rasa hormat setinggi-tingginya kepada Niniak Mamak Cadiak Pandai serta Bundo Kanduang keluarga besar Ikatan Keluarga ( IKA ) seputaran Sungai Limau yang hadir . Dalam sambutannya beliau menyampaikan, ” Kami di FKMB punyo moto 3 s , sabar , syukur dan sedekah “, dan juga beliau mengatakan setuju dengan apa yang telah di sampaikan oleh Bapak H. Nasrul Tanjung selaku ketua Dewan Pembina IKKS dan Bapak Muhakam M. SH selaku ketua OKK DPP PKDP , karena bebarapa poin sambutan dari keduanya sejalan dengan misi yang dijalankan oleh FKMB yang menjadi moto pergerakan sosial FKMB yaitu ” Back to Ranah “. dalam hal ini beliau menjelaskan ” kami di FKMB sadang mencanang kan misi ” Back to Ranah ” yang dalam hal nan ko kito dirantau ko harus baliak mambangun kampuang halaman Ranah nan kito Tinggakan , salain lahan komoditi, Minangkabau ko punyo tambang ameh , perak , tambago.kalau sajo kito sanak parantau di seluruh Indonesia ko basamo samo mandorong perekonomian Ranah Minang , Niscaya Ranah Minang ko akan manjadi wilayah per ekonomian Mandiri Sejahtera dan dapek mengangkat marwah urang Minangkabau sacaro khusus dan Indonesia pada umumnyo.

  

Pada Kesempatan yang sama juga Ketua Umum FKMB, Bapak Indra Jaya, ST., SH. Rajo Dirajo juga menyampaikan Inilah saat nya, dan mungkin hari ini, kita banyak perbedaannya, tapi lebih banyak lagi persamaan di antara kita sesama dunsanak minangkabau, dan itulah yang harus kita bangkitkan kepada saudara kita sesama orang minang. makanya marilah kita bangun konsep ” back to Home” dengan membangun konsep pemikiran ranah minang dan pengembangan ranah minang, agar ranah minang tidak dijajahan oleh perkembangan ekonomi.

Sebelum dilanjutkan dengan acara ramah tamah, “badoncek” dan hiburan, acara pengukuhan pengurus IKKS terpilih ini ditutup dulu dengan do’a yang dipimpin oleh Bapak Rahman Alican SE. dan beliau berharap, dengan dikukuhkan kepengurusan dari IKKS, dan para pengurus yang terpilih dapat menjalankan tugas dan kewajiban sesuai dengan amanah yang tertuang dalam rancangan dan tata tertib yang ada pada tubuh organisasi IKKS masa periode 2020-2025. (red/Noerhaven)

About Author

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *