Viral Video Gerombolan Serangga ‘Kuasai’ Jembatan Wanarata Pemalang

'Lautan' serangga membanjiri Jembatan Wanarata, Pemalang, Minggu (13/3/2022)

Jurnal NYCNews | Viral Video Gerombolan Serangga ‘Kuasai’ Jembatan Wanarata Pemalang

Pemalang, NYCNews.id – Video yang menunjukkan jutaan serangga terbang hingga mati dan ‘membanjiri’ jembatan di Pemalang, Jawa Tengah, viral di media sosial. Peristiwa dalam video itu terjadi di Jembatan Wanarata, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang pada Minggu malam (13/3).

Video berdurasi 11 detik itu salah satunya dibagikan di akun Instagram @pemalang.update. Hingga Selasa (15/3/2022) pagi, postingan itu telah disukai lebih dari 1,2 ribu netizen.

Dalam video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

“Segerombol hewan jenis serangga berjumlah jutaan berkerumun di jembatan wanarata Bantarbolang, serangga kecil yang kerap di sebut kleper ini beterbangan di bawah lampu PJU sehingga mengganggu pejalan yang melintas bak di kruduk kerikil.
Bahkan sejumlah pemotor kedapatan jatuh akibat keplarak karena licin, serangga tsb berjatuhan di atas jembatan. Foto oleh warganet (13/3/2022).”

Tampak dalam video itu, jutaan serangga yang berterbangan di jembatan membuat pandangan nyaris tertutup. Bahkan, banyak pula serangga yang berjatuhan dan ‘membanjiri’ badan jalan. Perekam video itu nampak menerobos banyaknya serangga yang berterbangan. Sementara itu, sejumlah pemotor yang melintas nampak melaju dengan perlahan karena pandangannya terganggu dengan serangga.

“Iya itu terjadi di jembatan yang berada di wilayah kami. Saya malah baru mengetahui ada banyaknya serangga pada Minggu malam,” kata Kepala Desa Wanarata, Elok Rahmawati, saat dihubungi detikJateng, Selasa (15/3/2022).

Kendati membahayakan bagi pemotor karena membuat jalan licin dan menghalangi pandangan, menurut Elok, pihaknya belum menerima laporan adanya warga atau pemotor yang jadi korban akibat jatuh.

“Sampai saat ini tidak ada laporan pengguna motor yang jatuh atau kecelakaan akibat banyaknya serangga itu,” jelas Elok.

Elok mengungkap, peristiwa serupa, memang kerap terjadi di wilayahnya. Serangga dalam video itu, kata Elok, disebut warga setempat kleper. Kleper biasa keluar bergerombol di saat-saat tertentu pada malam hari.

“Sebenarnya (kemunculan serangga) sudah menjadi hal biasa, warga tidak kaget lagi,” katanya.

Diwawancara terpisah, Kapolsek Bantarbolang, AKP Wahyudi Wibowo, mengatakan video viral tersebut memang terjadi di wilayahnya. Namun saat dilakukan pengecekan pada Senin malam (14/3), sudah tak ada serangga yang sama di jembatan tersebut.

“Saya bersama anggota lakukan pengecekan pada Senin malamnya, sudah tidak ada (serangga). Jalan dan jembatan juga sudah bersih tidak membahayakan pemotor,” ungkap Boby, sapaan akrab Wahyudi Wibowo.

Hanya saja, menurutnya, masih ada sisa-sia serangga di beberapa titik di jembatan tapi tidak berada di badan jalan.

“Kita mengimbau pada pengguna jalan untuk senantiasa berhati-hati. Di manapun juga,” pungkas Boby.

About Author

Pos terkait