Jokowi: IKN Bukan untuk Gagah-gagahan dan Proyek Mercusuar

Presiden Joko Widodo.

Jurnal NYCNews | Jokowi: IKN Bukan untuk Gagah-gagahan dan Proyek Mercusuar

Jakarta, NYCNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembangunan ibu kota negara (IKN) bukanlah proyek gagah-gagahan apalagi dituding sebagai politik mercusuar.

“IKN bukan proyek mercusuar, bukan juga untuk gagah-gagahan. Tapi sebuah perjuangan untuk mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia,” ujar Jokowi di acara pelantikan pengurus GMNI, Sabtu (26/3).

Bacaan Lainnya

Jokowi mengatakan transformasi besar melalui pemindahan ibu kota bukan semata-mata pindah ibu kota negara. Indonesia, tegas Jokowi, harus menjadi negara ekonomi kuat dan mandiri.

“Karena itu juga kita telah memulai proses transformasi ekonomi secara besar-besaran mengubah jati diri sebagai negara pengekspor bahan mentah menjadi negara industri yang tangguh dan berwawasan lingkungan,” kata Jokowi menegaskan.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengatakan revitalisasi industri harus berkesadaran lingkungan. Jokowi mengatakan dunia tengah menghadapi ancaman perubahan iklim yang akan berdampak besar pada kehidupan seluruh warga dunia.

“Itu sebabnya kita harus menyeimbangkan antara aspek kesejahteraan dengan aspek lingkungan dengam penerapan ekonomi hijau secara konsisten dan berkelanjutan,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, pemindahan ibu kota negara merupakan gagasan Presiden Joko Widodo usai terpilih pada Pilpres 2019. Dia menetapkan ibu kota negara akan dipindah dari DKI Jakarta ke IKN Nusantara.

Rencana itu telah memiliki landasan hukum, yaitu Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara. Pemindahan ibu kota negara tinggal menunggu penyelesaian pembangunan infrastruktur dasar dan penerbitan keputusan presiden.

About Author

Pos terkait