Jadwal Timnas U-24 Indonesia vs Korea Utara di Asian Games 2023 Minggu, Ini Skenario untuk Skuad Garuda Lolos 16 Besar

Timnas U24 di ASIAN Games 2023,(dok:sumber).

NYCNews.id || Olahraga

 

Jakarta – Timnas U-24 Indonesia akan melakoni laga terakhir penyisihan grup F Asian Games 2023 melawan Korea Utara pada Minggu, 24 September 2023. Ini akan menjadi duel penentu lolos ke babak 16 besar.

Bacaan Lainnya

Indonesia mencatat kemenangan 2-0 atas Kirgistan dan kalah 0-1 dari Taiwan dalam dua laga yang sudah dimainkan di babak pentisihan grup. Hasil ini membuat Indonesia di peringkat kedua klasemen grup F dengan satu kemenangan dan satu kekalahan. Catatan yang sama dengan Taiwan, tetapi Indonesia unggul selisih gol.

Kekalahan atas Taiwan membuat Indonesia berada di posisi yang sulit dalam penyisihan grup di ajang kejuaran ini. Pelatih timnas U-24 Indonesia, Indra Sjafrim sebelumnya yakin pasukannya bisa memetik kemenangan di laga kedua tersebut.

“Tentu hasil yang sangat mengecewakan bagi kami. Kami menjadi sangat sulit di posisi grup, walaupun dengan satu kemenangan. Padahal sebelumnya sangat yakin bisa memenangi pertandingan,” kata Indra Sjafri dalam keterangan pers seusai laga melawan Taiwan, Kamis, 21 September 2023.

Di laga terakhir, saat menghadapi Korea Utara, Rizky Ridho dan rekan-rekannya harus berjuang agar bisa lolos ke babak 16 besar. Dalam babak penyisihan grup Asian Games 2023, dua tim teratas dari enam grup langsung lolos ke babak 16 besar.

Empat tiket lainnya menjadi milik tim ketiga terbaik dari lima grup yang ada. Grup C hanya diikuti dua peserta sehingga keduanya langsung lolos dan tak ada tim peringkat ketiga.

“Kita harus hadapi pertandingan satu lagi, mau tidak mau harus bekerja keras untuk lolos di grup,” kata Indra. “Terakhir melawan Korea Utara dan itu harus kita menangkan.”

Duel timnas U-24 Indonesia vs Korea Utara akan berlangsung di Stadion Zhejiang Normal University East, Jinhua, pada Minggu, 24 September 2023, mulai 15.00 WIB. Laga lain di grup F, Kirgistan vs Taiwan akan digelar di Stadion Jinhua pada waktu berbarengan.

Berikut skenario buat Timnas U-24 Indonesia

Peluang lolos bagi Timnas U-24 Indonesia masih terbuka. Begini hitung-hitungannya:

– Bila menang atas Korea Utara, Indonesia dipastikan finis di dua besar dan lolos, dengan syarat dalam laga lain Taiwan gagal menang.

– Bila Indonesia mengalahkan Korea Utara dan Taiwan menang atas Kirgistan, maka posisi akan dihitung berdasar selisih gol. Dalam skenario ini Indonesia, Korea, dan Taiwan akan sama-sama mengemas nilai 6.

– Bila Indonesia ditahan Korea, posisi kedua klasemen masih mungkin diraih bila Taiwan kalah. Bila Kirgistan menang, maka Indonesia akan berharap lolos dari posisi ketiga terbaik.

– Bila Indonesia kalah dari Korea Utara dan Taiwan menang, maka Indonesia dipastikan finis di posisi ketiga. Peluang lolos masih tetap ada, tergantung hasil dari tim posisi terbaik ketiga di grup lain.*

About Author

Pos terkait