HET Dicabut, Stok Minyak Goreng di Minimarket Kosong

Stok minyak goreng di sejumlah gerai minimarket di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, kosong. Pengelola menanti pengiriman stok dengan harga baru besok. Ilustrasi.

Jurnal NYCNews | HET Dicabut, Stok Minyak Goreng di Minimarket Kosong

Jakarta, NYCNews.id – Stok minyak goreng di sejumlah gerai minimarket di daerah Mampang Prapatan, Jakarta Selatan masih terpantau kosong.

Pasalnya, pengelola masih menunggu kedatangan stok baru dan kepastian dari kantor pusat terkait perubahan harga minyak goreng sebab kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET) baru dari pemerintah.

Pemerintah menetapkan harga minyak goreng kemasan baru disesuaikan dengan harga keekonomian. Dengan kebijakan ini, penetapan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng kemasan senilai Rp14 ribu akan dicabut dan diserahkan pada mekanisme pasar.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Rabu (16/3), stok minyak goreng kemasan premium di Indomaret SPBU Tendean masih kosong. Petugas mengatakan persediaan kosong sejak minggu lalu dan belum diketahui kapan akan datang.

Ketika ditanya mengenai harga jual untuk pasokan minyak goreng yang akan datang, petugas masih belum mendapatkan informasi dari kantor pusat.

Hal yang sama ditemukan di Alfamart Kapten Tendean, di mana petugas diminta untuk menahan dulu kemasan minyak goreng seharga Rp14 ribu per liter untuk sementara waktu. Hal ini dilakukan sambil mengantisipasi harga pasti yang sesuai dengan kebijakan pemerintah.

“Dari pemberitahuan pemerintah (informasinya), dari Alfa belum dapat informasi, baru dikasih informasi (minyak goreng) yang 14 ribu dan 28 ribu disuruh ditarik dulu untuk sementara,” ujar Aulia, salah satu karyawan gerai tersebut.

Aulia mengatakan bahwa ia menerima foto edaran yang bertajuk “Harga Minyak Goreng Hari Ini” sesuai dengan rilis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

Lampiran tersebut berisi informasi harga minyak goreng untuk ritel modern dibanderol Rp23.900 untuk 1 liter dan Rp47.800 untuk minyak goreng 2 liter.

“Dari atasan kita belum kasih tahu, baru dari pemberitahuan pemerintah. Tapi dari kantor pusat belum ada, jadi kita tahan dulu minyak goreng,” ujar Rizal, petugas Alfamart yang saat itu bertugas.

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin  mengungkapkan perusahaan bakal memberlakukan harga baru untuk minyak goreng kemasan. Pengiriman stok mulai besok.

“Karena modalnya udah Rp21 ribu plus pajak dan sebagainya. Rasanya (harga minyak goreng kemasan) kurang lebih di atas Rp23 ribu, di bawah 24 ribu dikit tapi tergantung merek. Tapi yang umum, kurang lebih sekitar 23 ribu lebih,” ujar Solihin kepada NYCNews.id.

About Author

Pos terkait