Emil Dardak Angkat Suara soal Perpecahan DPC Demokrat di Jatim

Ketua DPD Demokrat Jatim Emil Listianto Dardak mengaku sudah menjalin komunikasi dengan seluruh DPC yang ada pascamuda di mana ia terpilih.

Jurnal NYCNews | Emil Dardak Angkat Suara soal Perpecahan DPC Demokrat di Jatim

Surabaya, NYCNews.id – Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak angkat suara soal isu perpecahan di Jatim. Ia mengklaim bahwa kondisi Demokrat di Jatim tengah dalam keadaan yang baik.

“Insyaallah komunikasi terjalin baik, koordinasi terjalin dengan baik. Saat ini kami sudah berkoordinasi dengan DPC-DPC, hampir seluruh DPC,” kata Emil di Surabaya, Kamis (7/4).

Bacaan Lainnya

Emil menganggap, munculnya pernyataan DPC di daerah yang memprotes keputusan DPP terkait Musda Demokrat Jatim terkait terpilihnya ia, merupakan bagian dinamika partai politik semata.

Wakil Gubernur Jatim itu bahkan mengaku sudah mengecek ke kader Demokrat baik yang duduk di legislatif maupun eksekutif di Jatim. Semua kader, kata dia, menyatakan solid dan menerima keputusan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Kami cek juga alhamdulillah teman-teman fraksi, pengurus sangat tegak lurus pada Ketum AHY. Jadi insyaallah kader kita di akar rumput tegak lurus dengan Ketum, dan percaya apa keputusan Ketum sudah dilandasi pertimbangan berbagai pertimbangan yang baik,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Emil juga mengaku dirinya sedang berkomunikasi dan berkoordinasi dengan DPC di daerah terkait persiapan proses verifikasi partai politik untuk Pemilu 2024.

Mantan Bupati Trenggalek ini mengatakan, suara kader di akar rumput meminta agar partai Demokrat Jatim fokus pada persiapan Pemilu.

“Karena dari DPP juga membentuk satgas verifikasi parpol, kami juga turun ke DPC. Insyaallah ini baik, kami mengutamakan soliditas, banyak sekali kawan di akar rumput yang ingin fokus mempersiapkan 2024, ya kita jalankan dengan baik,” kata dia.

Emil juga menyebut pihaknya juga sedang fokus membentuk formatur untuk merancang kepengurusan Demokrat Jatim 5 tahun ke depan.

Ada sejumlah nama yang terlibat dalam tim formatur, di antaranya Emil sendiri sebagai ketua, kemudian Kepala BPOKK DPP Herman Khaeron, dua Anggota DPRD Jatim yakni Agung Mulyono dan Hartoyo, lalu ada perwakilan tiga ketua DPC yakni Didik Mukrianto (Tuban), Lucy Kurniasari (Surabaya), dan Mugianto (Trenggalek).

“Formatur sudah betugas dan kami dapat info bahwa DPP komunikasi sudah terjalin baik, Musda sudah berlalu mungkin ada perbedaan pilihan tetapi dari dua elemen ini sudah terepresentasikan dengan baik dalam formatur. Ini juga atas sepengetahuan mas Bayu, ini informasi yang kami peroleh dari DPP BPOKK,” katanya.

Saat ditanya apakah Demokrat menyiapkan sanksi kepada kader yang tidak tunduk pada keputusan AHY dalam Musda Jatim, Emil mengatakan hal itu adalah wewenang DPP.

“Soal sanksi ranahnya di DPP, kita akan fokus pada roda organisas ini berjalan. Ya katakan ada pernyataan muncul tapi lebih banyak kader yang menegaskan komitmennya. Maka kita fokus komitmen tegas lurus siap bekerja itu,” pungkas dia.

About Author

Pos terkait