Tersangka Penipuan QRIS di Kotak Amal Masjid Mantan Pegawai Bank

Ilustrasi. Polisi menyebut pelaku penukaran barcode QRIS di kotak amal masjid di Jaksel merupakan mantan pegawai bank BUMN. (iStockphoto/Milan Markovic)

Jurnal NYCNews | Ibnu Sayyid Daffa

Jakarta, NYCNews.id – Polisi menyatakan pria bernama Mohammad Iman Mahlil Lubis yang jadi tersangka kasus penipuan lewat aksi penukaran barcode QR Indonesian Standard (QRIS) kotak amal di sejumlah masjid merupakan mantan pegawai bank BUMN. Ia ditangkap polisi di daerah Kebayoran Lama pada Selasa (11/4) pagi.

“Terkait dengan latar belakang yang bersangkutan, pernah bekerja di salah satu bank, bank BUMN, salah satu bank BUMN,” kata Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis di Jakarta, Selasa (11/4).

Bacaan Lainnya

Auliansyah menyebut dalam kasus ini, MIML mulai mencetak stiker barcode QRIS pada 23 Maret lalu. Kemudian, aksi penempelan stiker itu mulai dilakukannya sejak awal bulan ini.

Sejauh ini, berdasarkan hasil pendataan, MIML telah menempelkan stiker barcode QRIS itu di 38 lokasi. Antara lain Masjid Nurul Iman Blok M Square, Masjid Istiqlal, Masjid Agung Sunda Kelapa, dan Masjid Cut Meutia.

“Untuk sekarang yang bisa kami dapat data itu di tanggal 1 April, ini masih kita melakukan pendalaman terus apakah sebelum 1 April dia sudah melakukan penempelan-penempelan di tempat lain,” tutur dia.

MIML dijerat Pasal 28 ayat 1 Jo Pasal 45 a ayat 1 dan atau Pasal 35 ayat Jo 51 a ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 80 dan Pasal 73 UU Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana dan atau Pasal 378 KUHP dengan ancaman penjara di atas lima tahun.

Sebelumnya, kasus ini menjadi perhatian publik setelah di media sosial beredar video rekaman CCTV yang memperlihatkan aksi seorang pria yang diduga mengganti barcode QRIS kotak amal masjid di Blok M, Jakarta Selatan.

Rupanya, kasus penipuan ini tak hanya terjadi beberapa masjid lain di wilayah Jakarta Selatan. Bahkan, aksi serupa juga terjadi di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

About Author

Pos terkait