Jakarta — PT Telkom Indonesia (Telkom) kembali mendapat pengakuan internasional setelah menyabet puluhan penghargaan di ajang inovasi global bergengsi, Asia Pacific Stevie Awards 2022. Telkom membawa pulang penghargaan 17 Emas, 3 Perak, dan 3 Perunggu dari institusi yang berbasis di Fairfax, Vancouver, Amerika Serikat tersebut.
Raihan itu makin menegaskan pengakuan dunia atas inovasi yang dilakukan TelkomGroup sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan. Apalagi ini merupakan pencapaian Telkom untuk kelima kalinya sukses merebut Grand Stevie® Award dalam sejarah sembilan tahun penyelenggaraan.
Pencapaian penghargaan terbanyak ini menobatkan Telkom sebagai juara umum sekaligus dianugerahi The 2022 Grand Stevie® Award for Organization of The Year.
Pencapaian yang diraih Telkom dalam ajang ini menjadi sangat luar biasa. Pasalnya Telkom menyisihkan 900 nominasi dari puluhan perusahaan teknologi raksasa dunia di 29 negara di kawasan Asia Pacific.
Dalam keterangan resminya, penyelenggara mengapresiasi keberhasilan Telkom. Perusahaan BUMN tersebut sukses meraih penghargaan di berbagai kategori, termasuk kategori baru inovasi di media sosial.
“Telkom Indonesia bahkan dapat menawarkan kursus master class mengenai cara yang tepat dalam meriset, menulis, dan menyajikan proposal nominasi yang menarik,” kata Presiden Stevie Awards, Maggie Miller.
Menanggapi puluhan penghargaan ini, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara menyampaikan, pencapaian ini menjadi bukti dedikasi inovasi tiada henti dari Telkom.
“Telkom terus berkomitmen untuk mengembangkan inovasi di berbagai industri yang sekaligus akan mengakselerasi keunggulan kompetitif bangsa Indonesia,” ujar Edi.
Edi menambahkan, penghargaan ini juga menjadi torehan tinta emas Indonesia di kancah mancanegara. Menurutnya, capaian ini tidak hanya menjadi kebanggaan TelkomGroup, namun menjadi bukti pencapaian putra-putri bangsa Indonesia di pentas internasional yang mampu menghasilkan inovasi sejajar dengan negara maju lainnya.
Adapun penghargaan 17 emas yang diberikan atas inovasi Telkom yakni:
1. Transforming Telco to B2B Digital IT Service Co untuk kategori Innovative Management in Business Product & Service Industries.
2. Implementation of Accounting Flow System (AFS) To Improve Enterprise Segment Project Profitability Management untuk kategori Innovative Management in Technology Industries.
3. General Manager Enterprise Business Service Goes to Telkom Regional Program untuk kategori Excellence in Innovation in Business Product & Service Industries.
4. Regional Telemedicine: Accelerate the Digitalization of Indonesian Health Sector untuk kategori Excellence in Innovation in Health Care Industries (Inovasi AdMedika).
5. Agree Suite: Telkom’s Innovation to Digitalize Indonesia Agricultural Economy untuk kategori Innovation in Business Information Apps.
6. Improve AM Productivity while Ensuring Project Profitability through MyTEnS GoBeyond untuk kategori Innovation in General Utility Apps.
7. Quality, Availability, Security: Key Success of Mandalika Street Circuit ICT Partner untuk kategori Innovation in Business-to-Business Events.
8. Telkom Click 2022 – New Experience Through Motion Capture Technology untuk kategori Innovation in Internal (Corporate) Events (Inovasi MDMedia).
9. Kilau Digital Permata Flobamora – A New Experience Through Virtual Event untuk kategori Innovation in Government Events (Inovasi MDMedia).
10. OMNIX: Transform Legacy Contact Center to Customer Engagement Hub untuk kategori Innovation in Customer Service Management, Planning & Practice > Public Enterprise (Inovasi Infomedia).
11. LISA: One-Stop Learning Ecosystem Platform untuk kategori Innovative Use of Technology in Human Resources > Public Enterprise (Inovasi Infomedia).
12. SMDV – Indonesia’s Covid-19 Vaccines Distribution System untuk kategori Innovation in Technology Development > Government.
13. AGRI 4.0: Big Data & Precision Agriculture untuk kategori Innovation in Government Services.
14. SITOLAUT – Boosting Indonesia’s Economic Equality untuk kategori Innovation in Transportation & Logistics (Inovasi Nutech).
15. Accelerate Digital Growth By Cultivating Our Own Digital Experts untuk kategori Innovation in Human Resources Management, Planning & Practice > Telecommunications Industries (Inovasi Telkomsel).
Kemudian dua penghargaan untuk kategori baru, Innovation in Social Media, yaitu:
1. Most Innovative Facebook Page untuk inovasi Facebook Chatbots for Agent Efficiency on @IndiHomeCare.
2. Most Innovative Twitter Feed untuk inovasi Microsite Twitter and Creative Contents to Deliver Customer Engage and Minimize Complaints Rate.
(dikutip:www.cnnindonesia.com/pa/nycnews)