10 Wisata Pati Terpopuler yang Wajib Dikunjungi

Jurnal NYCNews | Bintang Satrio Utomo

NYCNEWS.IDJakarta Wisata Pati terdiri dari alam yang indah dan menyejukkan. Beragam destinasi wisata bisa menjadi pilihan kamu untuk menikmati liburan yang memanjakan mata dan menenangkan pikiran. Apalagi, Pati juga memiliki daerah pantai.

Kabupaten Pati terletak di bagian utara Jawa Tengah dan langsung berbatasan dengan Laut Jawa. Berbagai tempat wisata Pati bisa kamu kunjungi sebagai pilihan liburan alternatif, seperti menikmati keindahan waduk hingga pantai.

Wisata Pati menawarkan keindahan alam yang berbeda dengan daerah lainnya di pulau Jawa. Kamu bisa bersantai sejenak menikmati indahnya waduk, air terjun, pantai, hingga wisata alam lainnya di Pati yang tentunya sangat menenangkan.

Berikut Nycnews.id rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/8/2022) tentang wisata Pati.

 

2 dari 5 halaman

Wisata Pati Air Terjun

Air Terjun Tadah Hujan

Air Terjun Tadah Hujan merupakan wisata Pati yang sangat terkenal. Salah satu air terjun terindah di Pati ini berada di Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo berbatasan dengan Kabupaten Grobogan. Air Terjun setinggi 75 m ini terlihat indah dengan hiasan pepohonan hijau di sekililingnya. Sangat disayangkan bila kamu tidak mengunjunginya bila sedang liburan di Pati.

Tidak seperti namanya, debit air terjun ini ternyata tidak tergantung dengan curah hujan yang turun, bahkan di musim kemarau pun aliran airnya tetap deras. Tidak heran jika sumber air alami ini dimanfaatkan untuk memasok kebutuhan air bersih bagi warga sekitar. Lingkungan alam yang masih asri ditambah dengan suara gemericik air membuat suasana semakin teduh dan sejuk, sangat cocok buat menenangkan pikiran.

Air Terjun Lorotan Semar

Air terjun sebagai wisata Pati selanjutnya adalah Air Tejrun Lorodan Semar. Air terjun ini tidak terlalu tinggi namun debit airnya cukup deras dan terlihat eksotis karena diapit oleh bukit kapur di kanan kirinya. Aliran airnya jernih dan segar dengan suasana alam yang begitu asri di sekitarnya. Kamu bisa sejenak menikmati suasana sembari bermain air atau berburu spot foto untuk diabadikan. Lokasinya ada di Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

3 dari 5 halaman

Wisata Pati Waduk

Waduk Gunung Rowo

Wisata Pati berikutnya Waduk Gunung Rowo. Waduk ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Pati yang menyajikan keindahan alam berlatar pegunungan.kamu bisa menikmati kesejukan alam pegunungan di pinggir waduk sambil memancing.

Suasana waduk yang begitu sejuk sangat cocok buat acara santai dan refreshing di akhir pekan. Selain menikmati suasana, kamu juga bisa kulineran di kawasan wisata ini dengan aneka menu ikan bakar yang menggugah selera.

Waduk Seloromo

Masih waduk, wisata Pati selanjutnya adalah Waduk Seloromo. Berada di kaki Gunung Muria, waduk ini menyajikan pemandangan alam yang menawan dengan latar pegunungan nan eksotis. Suasana yang sangat sejuk membuat siapapun betah untuk berlama-lama di tempat ini. Keindahan alamnya yang memukau sangat cocok buat objek fotografi atau sekedar berfoto selfie mengabadikan momen liburan di tempat ini.

Bendungan Kletek

Bendungan Kletek merupakan salah satu wisata Pati yang harus kamu kunjungi. Bendungan Kletek menawarkan berbagai spot instagramable buat kamu yang ingin mengambil gambar bersama keluarga, sahabat, atau pasangan. Suasana bendungan yang masil asri dan alami menambah ketenangan dalam mengunjungi tempat ini.

4 dari 5 halaman

Wisata Pati Pantai

Pantai Banyutowo

Wisata Pati yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa tentunya juga memiliki pantai, salah satunya adalah Pantai Banyutowo. Pantai ini berlokasi di desa Banyutowo, Tayu, Pati. Banyutowo merupakan daerah perbatasan Pati dan Jepara.

Pantai Banyutowo dulunya hanya dijadikan sebagai tempat untuk berlabuh kapal-kapal nelayan milik warga setempat, namun ternyata banyak wisatawan memilih Pantai Banyutowo untuk berlibur di akhir pekan. Tak heran jika Pantai Banyutowo saat ini menjadi ikon wisata di Pati, Jawa Tengah.

Pantai Kertomulyo

Wisata Pati berupa pantai berikutnya adalah pantai Kertomulyo. Lokasinya berada di desa Kertomulyo Kec. Trangkil, kurang lebih 17 kilometer dari pusat kota Pati. Pantai Kertomulyo menawarkan keindahan pantai yang berupa tempat konservasi mangrove.

5 dari 5 halaman

Wisata Pati Lainnya

Goa Pancur

Wisata Pati juga ada yang berupa goa, yaitu Goa Pancur. Goa alam yang terlihat indah dengan pemandangan staglagmit dan staglatitnya ini berada di Desa Jimbaran, Kayen, Pati. Jika tertarik menuju goa ini, ada baiknya kamu mengajak guide setempat. Karena terdapat aliran sungai setinggi pinggang orang dewasa di dalamnya.

Kamu bisa menjelajahi keindahan alam di sekitar goa yang asri dan teduh, terutama air mancur di depan goa yang begitu ikonik. Selain itu ada juga taman bermain dan beberapa wahana permainan, serta spot selfie untuk foto-foto.

Bumi Perkemahan Regaloh 

Jika kamu ingin mencari wisata Pati yang berbeda, kamu bisa mengunjungi Bumi Perkemahan Regaloh. Di tempat ini kamu akan melihat banyak pepohonan rimbun yang seolah-olah membawa hawa angin sejuk di tempat tersebut. Destinasi wisata yang dikelola oleh perum perhutani ini ternyata sangat seru untuk dijadikan tempat camping. Pengelola tempat ini pun memang memperbolehkan setiap pengunjungnya untuk berkemah di kawasan Regaloh yang indah dan asri.

Wisata Jolong

Ada juga Wisata Jolong sebagai salah satu wisata Pati berupa tempat rekreasi. Banyak sekali kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan di Wisata Jolong ini, seperti berkunjung ke kebun kopi, dan menikmati fasilitas menarik lainnya. Kamu bisa menikmati indahnya taman bunga, wisata Air Terjun Grenjengan, rumah pohon dan taman keluarga. Selain itu juga ada fasilitas outbound, flying fox, terapi ikan, rumah balon, dll yang akan membuat momen liburanmu semakin menyenangkan.

About Author

Pos terkait